Ide Cara Terbaik Makan Almond Sebagai Camilan Sehat

Posted on
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Hai, teman-teman, apa kabar? Tak terasa ya sudah satu tahun pandemi ini berlangsung. Begitu juga dengan kita yang mau tidak mau juga harus adaptasi dengan era baru atau new normal. Termasuk juga adaptasi kegiatan kita yang lebih banyak didominasi dengan daring dan lebih banyak dilakukan di rumah. Tentu ada rasa bosan, iya nggak sih? Nah, kalau saya, biar nggak bosan biasanya saya akan ngopi atau ngeteh di teras atau dekat jendela. Selain itu, saya akan habiskan sambil ngemil…haha. Tapi ngemil pun inginnya tetap sehat. Emang bisa ya? Kali ini mau berbagi tentang beberapa pilihan cemilan sehat nih, teman-teman.

Apakah teman-teman pecinta camilan? Sering tidak dapat menahan ingin makan camilan padahal sedang diet? Pilih saja camilan sehat. Camilan sehat seperti kacang almond akan sangat membantu diet, loh!

Gambar: Camilan Sehat Kacang Almond, Gonutify.com

Cara terbaik makan almond sebagai camilan sehat

Sebelum membahas cara terbaik makan almond sebagai camilan sehat, pertama-tama, mari kita rekap mengapa almond begitu mengagumkan! Dalam satu porsi almond (1 ons), yang berjumlah 23 buah almond utuh , terdapat:

● 6g protein
● 4g serat
● 9g lemak tak jenuh tunggal – * Satu porsi almond mengandung 13g lemak tak jenuh dan 1g lemak jenuh.
● Vitamin E (35% DV) – antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan & meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
● Riboflavin (20% DV) – penting untuk produksi sel darah merah
● Magnesium (20% DV) – membantu mengatur fungsi otot & saraf, kadar gula darah dan tekanan darah
● Fosfor (15% DV) – membantu membangun tulang & gigi yang kuat
● Ditambah kalsium, kalium, niasin dan zat besi
Banyak sekali kebaikan yang dimasukkan ke dalam kacang-kacangan kecil ini!

Jadi, bagaimana Anda bisa menambahkan lebih banyak almond ke dalam makanan Anda?

Cara terbaik dalam mengolah camilan sehat kacang almond

ALMOND UTUH

Gambar: Almond Mentah, Pixabay.com

Ingin menambahkan lebih banyak lemak sehat ke dalam makanan Anda? Coba Almond- salah satu kacang favorit saya! Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memakannya termasuk untuk camilan, makan malam atau makanan panggang bebas gluten. Makan almond panggang dengan cara mencampur almond mentah + biji labu + buncis panggang + kismis.

 

SELAI ALMOND

Gambar: Selai Almond, Pixabay.com

Camilan sehat kacang almond yang satu ini akan terasa gurih dan tidak membosankan untuk dimakan. Untuk membuat selai almond, kombinasikan bahan makanan ini:
● Kayu Manis Vanilla Madu Buatan Sendiri
● 2 cangkir almond mentah +1 sdt madu + 1/2 sdt kayu manis + 1/2 sdt vanilla
Cara memasak:
1. Masukkan ke dalam blender bertenaga tinggi atau food processor.
2. Proses hingga halus.
3. Cicipi dan tambahkan lebih banyak madu, kayu manis atau vanila jika diinginkan.

GRANOLA BATANGAN TIDAK DIPANGGANG

Pengolahan camilan sehat kacang almond selanjutnya adalah Granola. Granola memiliki rasa yang lezat dan sangat disukai banyak orang. Ternyata begini loh cara membuatnya:

Bahan yang dibutuhkan:

● 1 cangkir gandum gulung
● 1 cangkir sereal
● ¼ cangkir biji labu
● ¼ cangkir almond cincang
● ¼ cangkir chocolate chip
● 2 sdm biji chia
● ½ cangkir selai almond
● ⅓ cangkit madu

Cara Memasak:
1. Campurkan 1 cangkir gandum gulung + 1 cangkir sereal + 1/4 cangkir biji labu + 1/4 cangkir almond cincang + 1/4 cangkir chocolate chip + 2 sendok makan biji chia dalam mangkuk besar.
2. Lelehkan 1/2 cangkir mentega almond + 1/3 cangkir madu dan aduk rata.
3. Aduk hingga terlapisi dengan baik (gunakan tangan Anda jika perlu).
4. Masukkan ke dalam loyang 9 × 9 inci, tekan untuk meratakan dan menutupi bagian bawah.
5. Bekukan selama 30 menit, potong menjadi batangan dan nikmati.
6. Simpan di lemari es.

MUFFIN BLUBERRY BEBAS GLUTEN

Gambar: Muffin, Pixabay.Com

Semua orang termasuk anak-anak suka blueberry, pasti kalian juga suka kan? Muffin yang manis ternyata dapat menjadi alternatif camilan sehatmu, loh! Begini caranya:

BAHAN
● ¼ cangkir pisang tumbuk
● ⅓ cangkir ubi jalar yang sudah dimasak dan dihaluskan
● 2 butir telur
● 2 sendok makan minyak
● ½ cangkir tepung almond
● 1 sendok teh baking powder
● ½ sendok teh kayu manis
● ½ cangkir blueberry, segar atau beku

Cara Membuat:

1. Campurkan pisang, ubi jalar, telur dan minyak dalam mangkuk kecil dan aduk rata.
2. Tambahkan tepung almond, baking powder dan kayu manis, aduk sampai tercampur.
3. Aduk blueberry.
4. Masukkan ke dalam loyang muffin yang sudah diolesi minyak dan panggang pada suhu 350 derajat selama 25-30 menit.

Beberapa tips lain:

● Tambahkan irisan almond ke dalam muffin berikutnya.
● Panggang kacang almond dan taburkan di atas salad kalian.
● Nikmati apel dengan mentega almond sebagai camilan sore.

Camilan sehat kacang almond mana yang paling Anda sukai?

Dari semua resep ide cara mengolah kacang almond terbaik, resep mana yang ingin paling kalian coba, teman-teman? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar, ya! Semoga berhasil!

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeby feather
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

18 thoughts on “Ide Cara Terbaik Makan Almond Sebagai Camilan Sehat

  1. Aku ngiler niiih liat aneka olahan kacang almond. Pengen nyoba ah Blueberry Muffinnya. Sehat tuh pakai ubi jalar di resepnya. Kebayang empuk pasti…

  2. Haduhhh selama ini aku makan almond auto mangap, gigit dan kunyah begitu aja… hahaha menikmati kacang mahal yang jarang2 bisa dibeli wkwkwk… ternyata diolah jadi selai lebih menggiurkan… ok fix nanti nyoba bikin dicampur vanila dan madu… adoohhhhh enakkkk

  3. kacang almond ini saya suka, sayang harganya mahal ya.
    Saya lebih suka menikmatinya utuh, lebih puas makannya daripada udah di olah/atau jadi topping kue

Leave a Reply to Annie Nugraha Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *