Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Menikmati Danau Poso dari Torau Resort

21

 

Dulu, ketika saya masih duduk di sekolah dasar kelas 5 atau kelas 6, nama Danau Poso seolah sangat familiar. Di buku sekolah akan saya jumpai nama Danau Poso di bagian pengetahuan dasar atau pengetahuan alam. Lalu, saat saya duduk di bangku sekolah menengah pertama, nama Danau Poso kian mudah dijumpai, lebih-lebih di sekolah menengah pertama ini ada mata pelajaran Geografi. Apakah teman-teman juga menjumpainya di buku sekolah?

 

Semacam photobooth dengan latar Danau Poso
Semacam photo booth dengan latar Danau Poso

 

Saat itu, Danau Poso yang saya baca di buku pelajaran mengatakan bahwa danau ini terletak di Pulau Sulawesi, tepatnya di Propinsi Sulawesi Tengah. Saat itu bagi saya tentulah itu adalah sebuah tempat yang jauh untuk dijangkau bagi anak usia sekolah yang tinggal di Kota Ngawi, sebuah kota yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah. Di peta saja, menjangkau Pulau Sulawesi harus melewati Pulau Kalimantan yang sangat besar. Ketika itu Danau Poso merupakan nama tempat yang ‘wah’ untuk saya.

 

Berpuluh tahun berlalu hingga nama Danau Poso teralihkan dengan mimpi dan ambisi lain 😀 tapi bukan sepenuhnya melupakan juga sih. Hingga akhirnya, Januari 2021 adalah awal Sulawesi Tengah menjadi ‘tempat bermain’ bagi saya karena harus pindah tinggal di Kota Palu. Momen ini menjadi kesempatan bagi saya untuk bermain dan menikmati Sulawesi Tengah, termasuk Kota Poso. Finally, here we go, Poso. Perjalanan dari Kota Palu ke Kota Poso memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam. Itu baru sampai kotanya ya. Jika lanjut hingga Danau Poso maka estimasi perjalanan dari pusat kota adalah 1,5 jam hingga 2 jam. Perjalanan ditempuh jalur darat.

 

Kalau teman-teman sedang berada atau merencanakan traveling di Sulawesi tepatnya di Sulawesi Tengah, Danau Poso adalah tempat yang layak untuk dijadikan tujuan. Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat. Karena menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia, danau ini menyuguhkan suasana yang berbeda dibandingkan danau-danau kecil lainnya. Vibe-nya seperti berada di pinggir pantai, padahal sebenarnya adalah danau. Danau Poso terkenal dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan. Gelombang air di danau ini juga mirip dengan gelombang air laut. Jika diperhatikan secara seksama, warna air di Danau Poso cukup unik. Di bagian pinggir danau, air berwarna hijau dan terdapat perbedaan dengan warna air di bagian tengah danau dimana air berwarna biru.

 

 

Berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, danau dengan luas seluas 32.000 Ha membentang luas dari utara ke selatan dan mempunyai kedalaman mencapai 510 meter. Jika berangkat dari Kota Poso, Danau ini berjarak 56 km dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam. Sedangkan dari Kota Palu, Danau Poso dapat dicapai setelah menempuh jarak sekitar 283 km dengan estimasi waktu perjalanan darat sekitar 8 jam.

 

Mengingat jaraknya yang lumayan juga dari Kota Palu, tentu pertanyaan berikutnya adalah dimana tempat menginap yang bagus? Ada banyak tempat penginapan di sekitar Danau Poso. Salah satu penginapan yang menarik untuk menikmati Danau Poso dari dekat adalah Torau Resort. Lokasi penginapan ini tepat berada di tepi Danau Poso. Sayangnya, hanya memiliki sedikit kamar, sekitar 6-7 kamar saja. Kamar yang terbatas, lokasi bagus, fasilitas lengkap, dan dekorasi kamar yang sangat indah, menjadikan Torau Resort sebagai salah satu tujuan utama ketika menginap di sekitar Danau Poso. Pemesanan kamar harus dilakukan jauh-jauh hari. Saya sendiri sering sekali kehabisan kamar, apalagi di musim liburan, harus gercep pokoknya.

 

Alasan Torau Resort Laris Manis

Model di foto tetap suami 😀 | Dari kolam renang seakan tanpa sekat dengan Danau Poso.

 

Kolam Renang Torau Resort

 

Memangnya apa yang bikin Torau Resort laris ya? Salah satunya adalah fasilitas yang lengkap. Selain ada kamar tempat menginap, di Torau Resort juga ada restoran dan kolam renang bagi pengunjung yang ingin berenang tapi takut berenang di danau yang lumayan dalam dan posisi kolam renang ini menghadap langsung ke Danau Poso. Ada juga wahana banana boat untuk pengunjung yang ingin basah-basahan di danau. Selain itu, spot-spot di Torau Resort menurut saya sangat instagramable. Bahkan, disediakan semacam photo booth di pinggir kolam renang.

 

 

Bagi saya, kamar-kamar di Torau Resort memiliki desain yang sangat unik, beraksen rumah kayu dan dibangun di atas danau. Sambil bersantai di depan kamar, anak-anak juga bisa diajak ngasih makan ikan-ikan yang berenang bebas di bawah kamar.

 

Kamar Torau Resort
Penampakan Kamar di Torau Resort

 

Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, dari segi harga menurut saya termasuk cukup kompetitif ya.. 😀 Tarifnya di kisaran 600.000 rupiah saat weekend atau musim liburan dan 485.000 untuk weekday. Selain kamar, ada juga paket menginap di tenda ala camping di tepi danau dengan biaya pertenda 400.000 per malam. Sedangkan tiket masuk bagi yang hanya ingin berenang saja cukup membayar 15.000 per orang. Bagaimana menurut teman-teman, mahal kah atau murah? 😀 Mengingat penginapan yang sering sekali sold out nampaknya harga segitu cukup layak untuk dicoba bukan? 🙂 Oh iya, cerita tentang Kota Poso di kesempatan yang lain juga bisa dinikmati di sini 🙂

Sampai jumpa di tepi Danau Poso, teman-teman ^^

21 Comments
  1. vika says

    Woo kolam renangnya deket banget ma laut. Luxury view ya apalagi bisa bareng keluarga gini mba. Bisa-bisa nginapnya lamaaaa, haha

    1. cindiriy says

      Bukan laut itu, Mba. Itu beneran Danau Poso hahaha

  2. […] lupa, cerita lain tentang Poso juga bisa dinikmati di sini ya teman-teman… […]

  3. Yuni Bint Saniro says

    Menurutku sih murah banget, Kak. Pemandangannya ciamik banget. Apalagi kolam renang yang persis berhadapan dengan danaunya. Amazing sih menurutku. Pantas kalau sering penuh hotelnya. Kudu gercep jalau mau liburan kemari berarti ya, Kak.

  4. Nurul Rahma says

    Sip siiipp bintangiiinn
    Ini lokasinya menariikk bangett
    Pastinya cocok utk destinasi plesir bareng kluargaaa😁😂

  5. Maria G says

    aduh cantiknyaaa…..

    jadi tambah pingin ke danau Poso, harus nabung kenceng nih

    bookmarks ah, supaya kalo waktunya tiba bisa ke danau Poso

    nginepnya di Torau Resort

    1. cindiriy says

      Kalau ke sana sekitar Oktober atau November biasanya ada festival Danau Poso, Ambu. Tapi sepertinya harus booking Torau Resort ini dari jauh hari..hehe

  6. Annie Nugraha says

    Pasirnya kuning keemasan? MashaAllah. Saya jadi tambah penasaran Mbak Cindi. Semoga tahun ini bisa main ke Danau Poso. Apalagi ini sudah ada TORAU RESORT yang bisa memanjakan liburan dan traveling kita ke danau ketiga terbesar di Indonesia ini.

    BTW, spot foto di atas dermaga kayu itu unik dan estetik banget deh. Mbak Cindi kok gak foto di situ? Kalau saya cus langsung banci foto kalo ketemu tempat seperti itu hahahaha.

    1. cindiriy says

      Aamiin…

      Iya Mba, itu macam dermaga, anjungan gitu. Foto juga di situ tapi nggak ada yang bagus karena ada bayangan bocil wkwkwkw. Udah pasrah aja untuk koleksi dan kenangan pribadi 😀

  7. Okti Li says

    Untuk lokasi wisata harga segitu terjangkau ya. Meskipun di luar Jawa, tapi di sana penduduk sudah pasti juga kan ya. Pasti ih suasana untuk refreshing sangat dibutuhkan

  8. Adi says

    Indahnya. View alam yang cantik dipadu dengan resort yang nyaman. Pasti bakalan jadi destinasi favorit.

  9. Mpo Ratne says

    Boleh juga nih statcation di danau Poso unik rumahnya dan lingkungan kamarnya

  10. Suci says

    Kalo aku langsung nyobain banana boat deh sama foto-foto di kolam renang yang seperti menyatu dengan danau itu. Kalo renang di danau kurang berminat sebab ga bisa renang, hahaa.
    Cantik bener Danau Poso, Masyaallaah….

  11. Nanik Nara says

    Saya baru tahu tentang Danau Poso ini mbak, yang ternyata danau terbesar ke 3 di Indonesia. Beneran kayak laut ya, karena memandang jauh ke depan yang kelihatan juga masih tetap air, belum kelihatan ujung danaunya.

    Warna pasirnya kuning keemasan, wih menarik banget, pasti bagus banget tuh kalau buat latar belakang foto

  12. Ririn Wandes Melalak Cantik says

    Sejak jaman sekolah uda mendengar kata Poso dan Palu tapi sampai sekarang masih sekedar membaca artikel-artikel yang mengulas kota tersebut. Ini melihat danau dari resort yang wah indahnya pasti makin berkeinginan untuk sampai kesana juga,kak.

  13. Fenni Bungsu says

    Kalau weekend bisa agak mahalan kali ya kak.
    Namun dengan fasilitas dan view pemandangan sekitar, bisa seimbang jadinya.

  14. deddyhuang.com says

    Kalau dilihat dari gambar, berasa tempat ini kayak tenang banget. Cocok banget buat kita yang pengen healing sejenak yaa.. harga resortnya juga masih lumayan terjangkau.

  15. lendyagassi says

    Anginnya kenceng banget kayanya di Danau Poso ini ya..
    melihat airnya yang bergelombang.
    Rasanya bermain air ini seru siih.. Apakah tidak ada permainan air yang dikelola oleh pihak pemerintah atau swasta selain Banana Boat, kak?

  16. Bayu Fitri says

    Viewnya cakep banget dan Torau Resort nampak nyaman sekali rasanya Saya engga mau pulang deh kalau sudah menginap di sini hehehe

  17. MUTIA RAMADHANI says

    Ah, Poso, terakhir ke sana saya kalau gak salah sekitar tahun berapa ya? 2012 mungkin. Udah lama bangetttt. Sekarang pasti jauh lebih cantik. Apakah tahun segitu Torau Resort udah ada? Kalau udah, berarti saya rugi gak nginap di sana. Semoga masih berjodoh dengan Sulteng.

  18. duniamasak says

    waaaah pemandangannya indah sekaliiii, wajib masuk wish list nih 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.