Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Menikmati Libur Lebaran di Danau Poso Resort

17

Danau Poso Resort

Sebenarnya, kalau boleh jujur penginapan ini adalah pilihan ke-3 ketika merencanakan liburan ke Danau Poso. Jadi pilihan ke-3 karena pilihan pertama dan pilihan kedua sedang penuh, maklum peak session karena memang sedang masa libur lebaran. Lalu kenapa Danau Poso Resort ini menjadi pilihan ketiga? Apakah memang tidak lebih baik dari pilihan pertama dan pilihan kedua? Ternyata tidak. Lalu, mengapa penginapan ini menjadi pilihan ketiga? Jawabannya karena hanya masalah promosi dan ketidaktahuan saya tentang mana-mana saja tempat menginap yang recommended di sekitar Danau Poso. Penginapan pertama dipilih karena sebelumnya memang sudah pernah menginap di sana, dan lumayan menyenangkan experience-nya. Sedangkan penginapan kedua dipilih karena lokasinya dekat dengan penginapan pilihan pertama, that’s it.

Danau Poso Resort

Fasilitas di Danau Poso Resort

Danau Poso Resort
Kolam renang, ruang terbuka untuk menikmati pemandangan Danau Poso dan tepat di sampingnya ada ruang gym.

Kalau mencari di google map teman-teman bisa temukan dengan keyword Poso Lake Resort. Walaupun, sekali lagi, penginapan ini adalah pilihan ke 3, tapi secara experience menginap, penginapan ini bisalah disejajarin dengan penginapan yang lain. Bahkan mungkin secara fasilitas, Danau Poso Resort adalah yang terlengkap di antara yang lainnya. Apa saja fasilitasnya? Ada kamar dengan beberapa pilihan tipe kamar, restoran yang buka sampai malam, tempat parkir, mushola, kolam renang, tempat bermain anak, wahana air (perahu dan semacam speed boat gitu), ruang hiburan (pas ngintip sih kayak ada meja biliardnya), aula serba guna yang bisa digunakan untuk pertemuan, dan semacam saung untuk sekadar nongkrong sambil menikmati luasnya Danau Poso, dan tempat gym yang langsung menghadap Danau Poso.

Danau Poso Resort
Area parkir yang cukup luas.

Danau Poso Resort

Tuh, lengkap banget kan fasilitasnya. Kayaknya emang niat banget waktu bangun penginapan ini. Ditambah lagi, ketika baru saja tiba di penginapan ini disambut samar-samar sedikit kabut karena memang penginapannya berada di ketinggian. Jadi suasananya memang pegunungan banget ya teman-teman.

Danau Poso Resort

Alasan Menjadikan Tentena Sebagai Tujuan Menikmati Libur Lebaran

Danau Poso Resort

Seperti yang sudah ditulis di atas, di google map penginapan ini bisa dengan mudah ditemukan dengan keyword Poso Lake Resort. Berlokasi tentu saja di pinggir Danau Poso, Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dari Kota Poso sendiri, tempat ini masih perlu kira-kira 1,5 jam perjalanan menggunkan mobil. Sedangkan jika berangkat dari Kota Palu, siap-siap untuk spare energi ekstra karena masih sekitar 7 jam perjalanan. Waktu itu suami saya nyetir sendiri selama 7 jam dari Kota Palu menuju Kota Poso lanjut ke Tentena khusus untuk berlibur bersama dan saya pikir lama perjalanan tidak masalah sama sekali. Pertama, karena Tentena adalah salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi, bukan hanya dengan Danau Poso-nya, namun juga wisata alam lain di sekitar danau seperti misalnya air terjun dan goa-goa alami.

Air Terjun Saluopa Tentena Poso
 Air Terjun Saluopa di Tentena.

Kedua, karena selama perjalanan dari Kota Palu ke Tentena, kami banyak singgah di sepanjang perjalanan, benar-benar menikmati perjalanan, karena di sepanjang perjalanan ada banyak alasan untuk sekadar mampir, misalnya melihat kumpulan monyet hitam di Kebon Kopi, melewati Pondok Pesantren Gontor 6 di Poso, mampir di pantai-pantai sepanjang perjalanan Parigi-Poso, mampir beli lalampa terenak di Toboli atau makan siang di food court Poso City Mall. Kalau tidak suka suasana modern bisa juga makan siang di warung ikan bakar di pinggir pantai. Pokoknya, kami benar-benar menikmati perjalanannya.

Poso City Mall

Tipe-Tipe Kamar di Danau Poso Resort

Danau Poso Resort
Foto diambil sesaat sebelum check out 😀

Oke, sekarang kita ngomongin harga ya. Danau Poso Resort ini punya banyak pilihan harga dari yang termurah Rp 400.000,00  sampai yang termahal di harga Rp 1.000.000,00. Rinciannya sebagai berikut:

  • Standar room: Rp 400.000,00.
  • Superior room: Rp 500.000,00.
  • Deluxe room: Rp 650.000,00.
  • Grand deluxe: Rp 700.000,00.
  • Suite room: Rp 850.000,00.
  • Junior suite: Rp 850.000,00.
  • Family room: Rp 1.000.000,00.
  • Executive room: Rp 1.000.000,00.

Semua kamar sudah dilengkapi dengan AC dan wifi. Pengen tau lebih lanjut perbedaan kelas kamar-kamar yang disebutin di atas? Jangan khawatir, informasi detail sekaligus pemesanan bisa kalian dapatkan di aplikasi booking online populer seperti Traveloka. Ini juga merupakan salah satu nilai lebih bagi Danau Poso Resort karena dua penginapan populer lain yang saya sebut diawal hanya bisa dipesan lewat reservasi langsung ke nomor telp/HP hotelnya.

Danau Poso Resort

Baca juga:

 

17 Comments
  1. Rozikin Reza Revanto says

    Mntab

  2. Ulfi says

    Wah di ajak jalan jalan ke Poso.. Sebagus itu, ditunggu cerita tentang wisatanya yah Mbak 🤩🤩🤩

  3. Raja Lubis says

    Sangat menyenangkan sekali liburan dengan suasana alam dan danau di Danau Poso Resort. Apalagi beuh itu perjalanannya juga bukan perjalanan yang pendek, tapi masih bisa singgah di tempat-tempat yang unik.

    1. Dita Indrihapsari says

      Wah, asik banget fasilitasnya mba sampai ada wahana airnya ya.. View di pinggir danau juga jadi poin plus buat resort-nya nih. Baguuusss view-nya 😍😍 Pilihan kamar juga banyak ya, bisa disesuaikan dengan budget jadinya..

  4. Jejak Panorama says

    momen lebaran emang kudu harus nyiapin plan a dan b ya, tapi danau poso juga bagus banget pemandangan dan wisatanya.

  5. Jiah Al Jafara says

    Pilihan ketiga, tapi ternyata cukup menyenangkan ya. Pengen deh kalau lebaran tuh pergi-pergi atau staycation kaya gini. Tapi ya kayanya gak bisa. Mungkin pilih waktu lain kaya low season aja. Btw, pemandangannya juga cakep ya

  6. Dayu Anggoro says

    Harga dan failitas lumayan worth it sih penginapan Danau Poso Resort ini, saya jadi tahu tempat wisata di Kabupaten Poso ini banyak banget yang bagus dan indah ya.

  7. Alfia D. Masyitoh says

    Nggak nyangka, yang jadi pilihan ketiga malah oke banget ya experience nya ya kak… Aku belum pernah ke Sulawesi, padahal di sana banyak tempat wisata bagus ya kayaknya. Semoga suatu saat ada rezeki dan kesempatab buat explore wisata2 di Sulawesi..

  8. Okti Li says

    Yang belum pernah ke Sulawesi kek saya nih jadi penasaran. Pengen melancong menjelajahi ke sana.
    Membayangkan Sulawesi itu luas, indah dan masih asri …
    Semoga ada waktu kesempatan dan rezekinya main ke sana. Aamiin…

  9. Fitri A says

    Ide yg bagus banget mbak liburan ke Danau Poso ini. Resort-nya ternyata bagus juga ya mbak, meski jadi pilihan ketiga tapi gak mengecewakan sama sekali.

  10. Kang Ugi says

    View di pinggir danau begitu asik, bisa menikmati pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Harganya juga terjangkau sekali ya, Kak

  11. Myra (Jalan-Jalan KeNai) says

    Ternyata pilihan ke-3 lebih memuaskan, ya. Ini tipe penginapan yang memang pas banget buat mager. Karena fasilitasnya udah komplit. Jadi, gak usah ke mana-mana lagi, deh. Menikmati fasilitas penginapan juga udah puas. Untuk menikmati wahana air, ada biaya tambahan lagi gak?

  12. Karunia Sambas says

    Inget banget pas zaman dahulu susah banget nemu penginapan gini. Entah karena memang belum ada atau fakir ilmu. Makasih banyak buat reviunya, Kak. Beruntung banget bisa jalan-jalan dan menemukan penginapan yang nyaman kayak gini.

  13. Nabilla - Bundabiya.com says

    bagus banget kaak pemandangannya.. resortnya juga kelihatan nyaman. ngebayangin kalau staycation di sana juga pasti betah banget, sekalian refreshing

  14. Fenni Bungsu says

    Ini sih jadi liburan yang mengasikkan hotelnya oke, belum lagi air terjunnya juga menyegarkan buat dikunjungi. Noted kak rekomendasinya

  15. Endah Kurnia Wirawati says

    Duhhh mudah-mudahan ada rejeki bisa main-main ke Poso, terutama ke danaunya ini dan menginap di resort Danau Poso juga. pas banget lah ya buat healing, traveling sembari kerja.. #ehhgimana.

  16. lendyagassi says

    Nah iyaya.. seringkali kita kecewa karena belum tahu mengenai apa yang sudah ditakdirkan. Ternyata senyaman itu menginap di Poso Lake Resort. Jadi ngobrolin takdir gini ya..
    Seneng banget bisa menikmati Danau Poso yang indah..

Leave A Reply

Your email address will not be published.