Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Ngawi

1

Momen mudik dan liburan panjang menyambut Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi datang. Adakah Teman-Teman yang akan pulang kampung arah Jawa Timur dan melewati Ngawi? Ngawi adalah sebuah kabupaten di wilayah Propinsi Jawa Timur bagian paling barat yang berbatasan dengan Kota Sragen, Jawa Tengah.

 

Jika dari Solo, Ngawi adalah kota pertama yang menjadi gerbang memasuki wilayah Jawa Timur setelah Kota Sragen. Jika melewati jalan toll, bisa banget mampir Ngawi melalui exit tol Ngawi. Exit tol Ngawi ini letaknya juga strategis, dekat dengan Terminal Kertonegoro Ngawi dan area Ngawi kota.

 

Pernah dengar Lagu ‘Kartonyono Medot Janji’? Nah, Kartonyono itu ada di jantungnya Ngawi, sebuah tugu gading gajah ikonnya Kota Ngawi. Selain Kartonyono yang jadi primadona, Ngawi juga memiliki oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk keluarga atau kerabat tercinta.

 

Rekomendasi Oleh-Oleh Kota Ngawi

 

Kripik Tempe Ngawi

 

Kripik Tempe Ngawi yang terkenal adalah kripik tempe Sadang karena rasanya yang enak, gurih dan kriuknya bikin nagih 😀 Seiring berjalannya waktu, banyak industri skala rumahan yang memproduksi kripik tempe khas Ngawi. Selain rasa original, sekarang juga ada variasi rasa misal pedas atau balado.

 

Biji Kedawung

Oleh-Oleh Ngawi

Bagi saya, satu ini cukup unik karena memang masih jarang dan ini Biji Kedawung ini bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Ngawi. Biji Kedawung ini diolah dengan cara digoreng. Kalau saya boleh nebak sih semacam digoreng sangan atau digoreng kering tanpa minyak di wajan tembikar. Rasanya mirip biji Trembesi tapi Kedawung ini lebih gurih dan nggak ada pahitnya.

Oleh-Oleh Ngawi

Biji Kedawung bisa dibeli di Toko PKK di Mall Pelayanan Publik Ngawi atau bisa menghubungi di toko Nyamikan Mbak Nung di nomor 085729514684 (melayani pembelian online juga). Biji Kedawung juga bisa didapatkan di toko depan Mabrur Frozen Food jalan DR. Sutomo, Ngawi.

 

Balung Kuwuk

 

Sewaktu kecil, saya menyebut Balung Kuwuk ini dengan nama Balung Kethek. Jajanan yang terbuat dari singkong dengan irisan kecil dan tipis. Proses pembuatannya dengan cara digoreng kemudian disajikan dalam pilihan rasa gurih (original), manis dan manis pedas.

 

Nah, favorit saya adalah Balung Kuwuk dari Nyamikan Mbak Nung. Balung Kuwuk satu ini nggak keras, justru renyah banget. Tersedia dalam tiga pilihan rasa dan bisa disorder via online sekaligus melayani pengiriman juga.

 

Gethuk Anyar

Oleh-Oleh Ngawi

Jajanan ini terbuat dari bahan baku berupa singkong. Gethuk Anyar merupakan home industry asli dari Ngawi. Rasanya perpaduan gurih manis dengan tekstur gethuk yang lembut. Kelebihan dari Gethuk Anyar ini adalah memiliki beberapa varian rasa. Produk lain dari Gethuk Anyar ini adalah kripik gethuk yang nggak kalah enaknya.

 

Baca juga: Yuk, Menikmati Kota Ngawi di Ngawioboro, ‘Malioboro’-nya Ngawi.

1 Comment
  1. Nadia says

    Thanks banget tulisan2nya tentang Ngawi, sangat informatif, jelas, saya baca semuaaa! Kebetulan saya lagi di Ngawi dan nyari info untuk liburan sekitar sini, terus berkarya kaak ❤

Leave A Reply

Your email address will not be published.