Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Semalam di Marina Cottage Kota Ampana

18

Marina Cottage

Tahun lalu, saya berkesempatan mengunjungi Kota Ampana yang terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah karena cerita suami yang habis dinas dari sana. Iya, ‘hukum alam’ di rumah tangga kami, setelah dinas atau acara dari manapun kalau tempatnya indah akan membawa istri dan anak kembali ke sana. 😀

Marina Cottage Ampana
Foto Pribadi

Ini merupakan kali pertama saya mengunjungi Kota Ampana. Kesan pertama bagi saya tentu saja Kota Ampana  itu sungguh indah. Saat pertama kali suami ke Ampana, ia bercerita bermasalah dengan penginapan karena kali pertama. Ia menganggap hal itu menjadi satu hal yang buta sama sekali. Saya sih jelas nggak akan ‘buta’ alias nggak akan khawatir karena ada suami yang sudah pernah ke Ampana. 😀

Marina Cottage
Foto Pribadi

Setelah suami memberi pilihan untuk browsing sana-sini, terutama dari google maps (karena biasanya ada foto-foto yang diunggah oleh pengunjung), pilihan saya jatuh pada penginapan Marina Cottage yang tentu saja pertama bagi saya dan Bilgi tetapi kali kedua untuk suami. Kalau dilihat di peta, lokasinya persis terletak di tepi pantai. Marina Cottage lokasinya lumayan mudah dijangkau dengan transportasi apa saja. Dari Bandara Tanjung Api, Kota Ampana hanya berjarak 4 km saja, dari Pelabuhan Ampana hanya 3 km jaraknya, dan lokasinya berada di pinggir jalan raya, sehingga mudah dijangkau kalau berlibur ke Kota Ampana menggunakan travel.

Kota Ampana merupakan pintu gerbang bagi para traveler yang berkeinginan mengunjungi Kepulauan Togean. Kepulauan yang terkenal dengan wisata pantai, snorkling, dan diving. Nah, Marina Cottage ini cocok untuk tema-teman yang perlu transit sebentar setelah melalui perjalanan jauh dari Kota Palu, misalnya.

Marina Cottage
Foto Pribadi

Penginapan Marina Cottage, sesuai namanya berkonsep layaknya cottage, yang masing-masing kamar terpisah pada masing-masing pondok dengan konsep rumah panggung, dengan sebagian besar material terbuat dari kayu yang dicat natural. Harga kamar yang ditawarkan bervariasi tergantung fasilitas, luas kamar, dan lokasi. Dari mulai Standard Room seharga 275.000, Superior 330.000, Deluxe 440.000, dan Family Room seharga 605.000.

Namun, fasilitas yang ada di hotel ini cukup minimalis. Selain kamar tidur dengan kipas angin/AC dan kamar mandi di tiap-tiap kamar, hanya ada tempat makan dengan konsep terbuka, dan mushola. Sinyal wifi dan saluran TV pun termasuk agak terbatas. Tapi percayalah, untuk teman-teman yang memang berkunjung ke Kota Ampana untuk liburan, masak sih mau menghabiskan waktu di kamar, browsing atau sekadar nonton TV ketika ada pemandangan luar biasa indah langsung di depan kamar tidur? Rugi banget kalau hanya rebahan di kamar. Serius!

Marina Cottage
Foto Pribadi

Ya, betul sekali. Ada beberapa kamar yang ketika membuka pintu, pemandangan yang tersaji adalah laut tenang, nyaris tanpa ombak, bagaikan kolam renang pribadi yang terbuka 24 jam. Sore hari akan lebih istimewa lagi karena jika langit sedang cerah, akan menyaksikan matahari tenggelam di batas cakrawala laut.

Marina Cottage Ampana
Foto Pribadi
Senja di Marina Cottage
Foto Pribadi (Ini adalah senja di Ampana, tepat di depan Marina Cottage)

Harga kamar sudah termasuk sarapan pagi dengan menu rumahan sederhana khas Ampana: nasi, sayur, ikan bakar atau ikan masak woku, sambal dabu-dabu, buah-buahan, dan kopi/teh. Karena memang masakan rumahan, rasanya tidak aneh-aneh dan nampaknya akan cocok dengan sebagian besar lidah orang Indonesia. Dari semua yang saya ceritakan, sekeliling Marina Cottage ini bersih. Benar-benar bersih.

Jadi untuk teman-teman yang ingin bersantai sejenak dan mencari penginapan dengan view pantai yang indah khas pesona Indonesia Timur, Marina Cottage patut dicoba. Yuk, ramai-ramai ke Kota Ampana, Sulawesi Tengah! ^^

18 Comments
  1. vika says

    view, dan sarapannya bikin betah ya mba? Asyek banget buka mata pagi2 langsung menghiruo aroma laut gitu ya

  2. Moch. Ferry DC. says

    Marina Cottage salah satu destinasi wisata menarik di tanah air, tempatnya alami nuansa pantai indah di tepinya

  3. Taufiqur rahman says

    Cottage nya unik ya, serba kayu… Cocok bagi penyuka kayu nih… Apalagi pemandangannya bagus banget.
    Saya baru pertama kali ini dengar nama kota “Ampana”

  4. Denik says

    Bagus dan bersih ya mba. Jadi penasaran…hehehe

  5. Dyah ummu AuRa says

    Pesona Indonesia Timur tuh emang juara banget ya mbak termasuk marina cottage di ampana ini. Cottagenya nyaman dan harganya terjangkau. Ditambah lagi pantai dan lautnya, cuakep sangat.

  6. Dennise Sihombing says

    Viewnya bagus sekali menghadap pantai. Cottage seperti ini aku suka karena ada sentuhan alamnya ya konsep rumah panggung,sudah jarang ditemui.Biasanya cottage itu tembok ya,he…he…he

  7. Wakhid Syamsudin says

    Jauhnya. Hehehe.

  8. Iwan Hendrawan says

    Keindahan Indonesia timur yang tak sentuh. Berapa jam dari Jakarta sampai ke Penginapan Marina Cottage ya?

  9. Lithaetr says

    Aduh kangen banget deh, bisa menginap langsung di pinggir pantai seperti itu. Betah udah mainan air terus hehehe. Cocok ini buat bulan madu kedua, eaa. Hehehe. Semoga bisa menginap di marina cottage kota ampana, suatu hari nanti, aamiin.

  10. Maria G says

    Alhamdulilah, suami Mbak Cindi baik banget

    selamat ya

    saya pikir pantai Anyerm ternyata Penginapan Marina Cottage di Sulawesi

    duh kapan ya saya bisa menyebrang pulau dan traveling ke Sulawesi

  11. sani says

    Harganya murah ya, dengan fasilitas spt tsb. Dan dengan pemandangan pantai yg sangat indah. MOga saya bisa ke sana kelak huhu

  12. Ira Hamid says

    Banyak tempat-tempat di Sulawesi yang menarik untuk dikunjungi namun masih banyak yang belum tahu, salah satunya kota Ampana ini yaa. Walau saya juga di Sulawesi, namun belum pernah menginjakkan kaki ke Ampana nih

  13. Annie Nugraha says

    MashaAllah tempatnya sungguh luar biasa ini sih. Cottagenya juga terlihat etnik, unik dan terawat. Saya paling suka yang begini nih. Tenang dan damai di depan laut yang tenang. Duduk-duduk di teras kamar cottage sambil ngopi/ngeteh sembari makan atau menikmati camilan terus ngobrol-ngobrol aja rasanya sudah menenangkan itu. Simpan ah tulisannya. Siapa tahu semesta mengijinkan saya sampai ke Ampana, Sulawesi Tengah.

  14. Prisa says

    Masyallah luar biasa sekali pemandangannya, pasti nikmati sekali bisa menghilangkan penat dan stress nih kalo berlibur disana

  15. Desi says

    Rapi dan indah sekali kotanya Mba, masya Allah memandangnya aja udah bikin hati adem. Serasa pengen melipir kesana jadinya

  16. Fenni Bungsu says

    Senja di Ampana cantiknya.
    Spot seperti ini menjadi idaman, dan sekaligus juga sebagai renungan akan ciptaan-NYA

  17. Shyntako says

    wah bagus yaa mba cottagenya seru nih kayanya buat liburan keluarga rame-rame gitu, kalo villa or cottage sih aku prefer ramean mba biar gak spooky hihihi, thanks yaa mau ak masukin referensi kalo cari cottage di Ampana

  18. Myra (Jalan-Jalan KeNai) says

    Kalau tempatnya seindah itu, saya malah jarang pilih hotel yang fasilitasnya banyak. Asalkan kasur dan kamar mandinya bersih plus gak gerah udah cukup banget. Karena pastinya akan lebih menikmati suasana sekitar sampai puas.

    Lain halnya kalau niatnya memang untuk leyeh-leyeh di hotel. Pasti saya akan pilih hotel dengan banyak fasilitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.