Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Lima Rekomendasi Tempat Menikmati Landscape Kota Palu

36

Saya masih ingat, ketika saya tiba di Kota Palu pada Januari 2021. Beberapa saat sebelum pesawat mendarat dengan sempurna di Bandara Sis Al Jufri, saya terpana dengan pemandangan di luar jendela pesawat. Kota Palu paket kombo di mana laut dan pegunungan bertemu dalam satu titik. Indah sekali. Sesuatu di luar prasangka saya sebelum saya tiba yang dipenuhi dengan rasa khawatir apakah nanti akan betah tinggal di Kota Palu.

 

Keindahan Kota Palu ini juga terbingkai dalam sebuah lagu berjudul Palu Ngataku dalam Bahasa Kaili yang berarti Palu Tempat Tinggalku. Dalam lagu itu digambarkan sama seperti apa yang lihat, paket kombo.

 

“Ngataku nasugi, Ngataku nagaya, karona ritatangana.”

[Tempat kelahiranku subur, tempat kelahiranku indah, letaknya di tengah-tengah (di antara gunung dan teluk)]

 

Dan, ada hal yang membuat saya girang saat beberapa hari tinggal di Kota Palu adalah saat melewati kantor Walikota Palu ada foto Pasha Ungu pakai baju Korpri…hahaha meski saat saya datang adalah saat-saat akhir jabatannya sebagai Wakil Walikota Kota. Receh sekali yaa…

 

Long story short, setelah melewati beberapa bulan dan diajak explore Kota Palu, justru saya betah dan jatuh hati. Saya nggak perlu jauh-jauh kalau untuk menikmati daily refreshing. Ya, karena Kota Palu ini seperti kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Dalam satu kota, semua itu bisa dinikmati.

 

Nah, ada nih 5 rekomendasi tempat untuk menikmati landscape Kota Palu yang bisa ngena banget di hati.

 

  1. Monumen Nosarara Nosabatutu

 

Monumen Nosarara Nosabatutu diambil dari lantai 2 dekat Gong Perdamaian.

 

Monumen Nosarara Nosabatutu dikenal pula dengan sebutan Gong Perdamaian Nusantara. Nosarara Nosabatutu dalam Bahasa Kaili (suku asli di Sulawesi Tengah) memiliki arti bersaudara dan bersatu. Sekilas tentang monument ini dibangun karena keprihatinan atas terjadinya konflik di Poso, Sigi, dan wilayah lainnya yang tentu saja meninggalkan duka yang mendalam.

 

Monumen Nosarara Nosabatutu terletak di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Keberadaannya di atas bukit yang berjarak cukup dekat belakang Mako Polda Sulawesi Tengah. Tempat ini bisa dicapai kurang dari 15 m3nit dari tempat tinggal saya. Karena letaknya di atas bukit maka bisa menikmati keindahan Kota Palu dengan dengan hamparan Teluk Palu dan Gunung Nokilalaki rasa puas. Tidak hanya itu, saat membalik posisi badan 180 derajat maka mata saya pun dimanjakan dengan view pemandangan pegunungan yang hijau. Di area monumen juga dilengkapi dengan taman-taman bunga yang indah.

 

  1. Bukit Indah Doda

 

Bukit Indah Doda atau Bukit Doda terletak di Gunung Gawalise, Kabupaten Sigi. Oh ya, Kabupaten Sigi merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Palu. Menikmati panorama Kota Palu dari sini sungguh tak kalah memanjakan mata, terlebih jika menikmatinya di Villa Bukit Indah Doda. Nah, saya pernah nih bikin cerita jalan-jalan ke Villa Bukit Indah Doda secara detail.

 

  1. Puncak Paralayang Salena

 

Dokumentasi Pribadi oleh Nugie

 

Puncak Paralayang Salena bagi saya adalah salah satu spot yang mampu menyajikan keindahan alam khas pegunungan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Puncak Paralayang Salena ini terletak di sebelah barat Kota Palu, tepatnya di Dusun Salena Kecamatan Ulujadi, masih berada di dalam Kota Palu.

Dokumentasi Pribadi, Karya Nugie.

 

Akses menuju puncak Paralayang Salena sangat bagus, jalan aspal yang mulus, tanpa lubang-lubang dan didominasi dengan warna hijau yang menyejukkan. Saat berada di puncak, kita akan puas menikmati hamparan Teluk Palu dan landscape Kota Palu. Saat saya ke sana tidak ada tiket masuk dan sudah memiliki toilet karena Puncak Salena ini juga digunakan untuk camping. Hal yang terpenting lagi adalah di sini benar-benar bersih.

 

Puncak Salena ini juga dalam tahap pengembangan menjadi Ecotourism of Salena. Selain digunakan untuk festival paralayang juga dimanfaatkan untuk wisata sepeda gunung, motor trail, dan outbound. Camping di sini pun juga perfecto.

 

  1. Puncak Matantimali

 

Talent: Nugie [Dokumentasi Pribadi]

Naahh, tempat keempat ini berada di luar Kota Palu tepatnya di Kecamatan Banawa, Kabupaten Sigi. Matantimali diambil dari nama desa yang berada di Kawasan Gunung Gawalise, karena inilah Matantimali memiliki ketinggian kurang lebih 1.500 mdpl yang secara otomatis mampu menghadirkan panorama Kota Palu yang indah dari ketinggian. Saya juga pernah membaca bahwa Puncak Matantimali ini menjadi salah satu lokasi paralayang terbaik di se-Asia. Selain itu, di sini juga bisa digunakan untuk camping apalagi saat akhir pekan.

 

Pemandangan Kota Palu dari Matantimali Saat Malam. [Dokumentasi Pribadi]

Camping di Matantimali akan memberi kepuasan karena bisa menikmati sunset, sunrise, panorama Kota Palu saat malam dengan kerlip lampu-lampu kota, menikmati suasana Kota Palu saat siang dan juga menikmati alam sekitarnya yang hijau serta udara yang sejuk.

 

  1. Bukit Satu Pohon
Pemandangan sisi Kota Palu dari Bukit Satu Pohon [Dokumentasi Pribadi, Cindi]

Pertama kali dengar dari suami saat akan ke sini, saya tidak percaya kalau bukit ini benar-benar hanya satu pohon. Ternyata oh ternyata, beneran ada satu pohon yang terletak tepat di puncak bukit ini. Panas dong kalau nggak ada pepohonan? Menurut saya nggak terlalu panas, tetap sejuk dan tetap bisa menikmati hamparan hijau perbukitan khas alam pegunungan.

 

Saat saya ke bukit satu pohon ini, saya hanya mampu sampai di tiga perempat saja, tidak sampai puncak berfoto dengan pohon satu-satunya itu. Jalan setapaknya seperti 180 derajat tegak lurus gitu…haha. Namun, meski hanya di tiga perempat saja, dari sini bisa menikmati landscape Kota Palu yang masyaAllah indah sekali. Di bukit yang terletak di Desa Sibedi, Kabupaten Sigi ini juga terdapat fasilitas umum seperti toilet dan musola. Selain itu, juga ada beberapa warung-warung makan yang menyediakan camilan seperti pisang goreng dengan sambal terasi hingga menu berat berupa nasi atau mie serta aneka minuman dingin.

 

Yuhuuu, inilah lima tempat rekomendasi favorit saya untuk menikmati landscape Kota Palu. Jika teman-teman sedang berada di Kota Palu, jangan lupa menikmati Kota Palu dari ketinggian. Vibe-nya itu lho akan sungguh berkesan. ^^

 

 

36 Comments
  1. vika says

    Beneran hanya ada satu pohon mba? Oho menanjak ya perjalanan menuju ke bukit itu. Tapi asyik sih pemandangan dan suasananya kayaknya

    1. cindiriy says

      Beneran cuma satu di puncaknya Mba…haha Tapi di bagian bawah dan sekeliling bukit ya banyak pohonnya..

  2. Naning says

    Kaaa….ajak aku camping ke sanaa… nggak sabar buat bisa main ke palu, undang saya segera yaaaa.

    1. cindiriy says

      Ayo Mba sini sebelum cuusss ke Melbourne..

  3. Andina says

    Indah ya kota Palu. Jadi pengen ngerasain langsung ke situ. Lucu juga langsung ada foto Pasha Ungu ya.

    1. cindiriy says

      Iya Mba, waktu saya ke Palu, Pasha masih menjabat jadi WaWali Kota Palu, gambarnya dipasang di kantor Walikota… 😀

      1. Wahid Priyono says

        Wah Pasha skrg masih menjabat Wali Kota Palu kah? Ini salah satu Band favorite juga.

        1. cindiriy says

          Nggak Kak, udah ganti. Makanya sekarang lebih sering lihat Pasha udah tampil di TV 🙂

  4. kaka-store says

    Belum pernah ke Kota Palu yang bagus dikunjungi, semoga suatu saat bisa mendatangi beberapa spot bagus di kota Palu tersebut.

    1. cindiriy says

      Aamiin..
      Iya Kak, semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke Kota Palu… ^^

  5. Sani says

    Kota Palu sangat Indah ya, saya jadi pengen Camping di Matantimali, bisa liat sunset, sunrise dan panorama Kota Palu saat malam. Ah… semoga

    1. cindiriy says

      Aamiin…iya Kak.. ^^

  6. Annie Nugraha says

    Salah satu kota yang sudah lama masuk dalam bucketlist saya. Banyak teman pejalan yang cerita kalau Palu ini memang paling indah dinikmati saat berada di atas bukit. Landscape kotanya indah banget. Selain daratan, kebun, sawah, kita sekaligus bisa melihat laut dan pantai yang tenang. Lihat foto-foto diatas, meski sederhana, sudah cukup mewakili. Kebayang kalau yang motret itu photographer professional.

  7. Siti nurjanah says

    View kota Palu befitu indah ya masih tampak begitu asri, Yang Monumen Nosarara Nosabatutu itu seperti salah satu ikoniknya kota Palu ya.. yang bagian atas bangunan berdiri kokoh Tugu Perdamaian

  8. Mpo Ratne says

    Masya Allah indahnya. Kebayang banget nih bakalan relax sambil tafakur atas ciptaanNya . Pasti balik lagi ke kota palu

    1. cindiriy says

      Iya, banget Mba.. 🙂

  9. lendyagassi says

    Tiada dua ya..pemandangan alam di Sulawesi tuh..
    Keren banget.
    Kelima destinasi wisata alam di atas bisa dinikmati di Palu, Sulawesi Tengah. Wah…
    Luar biasa.

    Jauh banget dari strereotype kota besar yang penuh dengan hingar bingarnya yaa..
    Rasanya tenang.

    1. cindiriy says

      Di Palu, Mall hanya 1 Mba tapi pemandangannya langsung Teluk Palu, di pinggirnya langsung gitu.. 😀

  10. Maria G says

    duh, indahnyaaaa…..

    saya pengen banget ke Sulawesi Mbak

    menikmati keindahan dan kulineran

    duh semoga dimampukan ya Mbak

    1. cindiriy says

      Aamiin aamiin aamiin, insyaAllah bisa sampai di Palu, Ambu 🙂

  11. T. Retno says

    Unik sekali cuma ada satu pohon di bukit itu. Berdasarkan cerita warga sekitar, itu kenapa ya Mbak? Biasanya kan ada legenda-legendanya gitu.

    1. cindiriy says

      Iya Mba, cuma satu. Tapi saya belum pernah nanya 😀

  12. Okti Li says

    Paman saya pernah transmigrasi ke Palu. Mereka mengajak saya tapi masih takut-takut. Eh giliran udah besar, berani ngebolang, paman nya malah pulang dari Palu kembali ke Jawa. Hehehe
    Semoga ada kesempatan bisa menginjakkan kaki di Kota Palu

    1. cindiriy says

      Waaahhh… 😀
      Aamiin aamiin aamiin semoga bisa sampai tiba di Palu ya Mba..

  13. Fenni Bungsu says

    Ini lokasi yang mengasikkan untuk berwisata ke sana.
    Soalnya temanku menceritakan kota Palu bikin kesemsem daku yang pengen ke sana jadinya

    1. cindiriy says

      Yuukk, Mba. Semoga bisa tiba di Kota Palu ya Mba…

  14. Desi says

    asik banget di matan matititi mba. lokasi yg masih belum terjejaki di pulau timur Indonesia . Cantik ya apalagi klo saat malam, lampu-lampu menambah cantik kota

    1. cindiriy says

      Betul Mba, kerlap-kerlip..

  15. Dian Restu Agustina says

    Palu..indah banget dari ketinggian ya. Wah bagusnya!
    Kebayang gimana sampai disebut kota lima dimensi dimana lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk semua ada di sini untuk dinikmati!

    1. cindiriy says

      Iya Mba, dikelilingi gitu 😀

  16. Lia Lathifa says

    Langsung takjub melihat pemandangan yang kakak suguhkan di sini, apalagi Matantimali, masyaallah Indonesia indah banget. Jujur aku juga ikut prihatin dengan konflik di Palu ini, semoga selalu damai setelah adanya monumen Nosarara Nosababatu

    1. cindiriy says

      Alhamdulillah sekarang aman dan damai, Kak. Seindah kotanya.. 🙂

  17. Heizyi says

    Dari sekian banyak pilihan yang ada, aku lebih tertarik menikmati kota palu dari ketinggian via Monumen Nosarara Nosabatutu kak. Rasanya indah banget gitu

  18. Sitaturrohmah says

    Berarti itu sekitar tahun kemarin ya kak ke Palu nya ? Beneran cantik banget sih panoramanya, tapi aku tuh tertarik liat keindahan kerlap kerlip lampu kota Palu dimalam hari.

  19. Maria G says

    auto cari penerbangan B andung – Palu, karena pengen bangettt

    dan langsung catet destinasi yang diceritain Mbak Cindi, semoga bisa kesana ya?

  20. Jiah Al Jafara says

    Wah, pemandangan Kota Palu dari Matantimali pas malam kok ya cakep bener! Kaya full bintang ya. Jadi mau ke sana juga buat jalan-jalan. Semoga ada kesempatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.