Ruang Tumbuh & Bersenang-Senang

Menikmati The Garden of Morningcalm Saat Musim Dingin

2

The Garden of Morningcalm

Tempat ini memang berupa sebuah taman yang cukup luas, dan namanya sangat spesifik: The Garden of Morningcalm. Apakah maksudnya taman ini khusus diperuntukkan untuk kunjungan hanya di pagi hari? Atau waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah di pagi hari? Ternyata jawabannya bukan itu semua. Ada sebuah cerita kenapa taman ini diberi nama demikian.

The Garden of Morningcalm

Jadi begini ceritanya. Taman ini diinisiasi oleh Professor Sang-kyung Han dari Sahmyook University, dan dibuka pada 11 Mei 1996. Nama Garden of Morningcalm merujuk pada istilah yang dipakai oleh Rabindranath Tagore, seorang penyair dari India, untuk menyebut Korea sebagai “the Land of Morning Calm”. Jadi begitu ceritanya, kenapa taman ini dinamakan demikian. Salah satu tujuan dan filosofinya adalah untuk menunjukkan keindahan negeri Korea dalam bentuk taman yang cantik.

The Garden of Morningcalm

Daya Tarik

The Garden of Morningcalm

Taman ini dapat dikunjungi sepanjang tahun dalam musim apa saja: musim semi, musim panas, musim gugur, atau pun musim dingin. Masing-masing mempunyai daya tarik dan ciri khas masing-masing.

The Garden of Morningcalm

The Garden of Morningcalm

Musim semi ketika tunas-tunas mulai tumbuh dan beberapa bunga mulai bermekaran. Musim panas ketika dedaunan menjadi sangat hijau dan bunga-bunga mekar dengan maksimal. Musim gugur ketika daun-daun berubah menjadi kuning keemasan. Musim dingin ketika seluruh permukaan taman bisa tertutup oleh putihnya salju di siang hari dan festival cahaya lampu di malam hari.

The Garden of Morningcalm

The Garden of Morningcalm

Untuk lebih jelasnya, Teman-Teman bisa berkunjung di website-nya dan ada galeri foto di tiap musimnya yang memperlihatkan betapa cantiknya The Garden of Morningcalm. Bisa klik di sini ^^

The Garden of Morningcalm

The Garden of Morningcalm

Saya sendiri berkunjung ke taman ini di musim dingin dan lebih spesifik lagi di malam hari untuk menyaksikan taman yang dipenuhi oleh lampu berwarna-warni. Lighting Festival di musim dingin tahun ini dimulai dari tanggal 1 Desember 2023 – 17 Maret 2024.

The Garden of Morningcalm

The Garden of Morningcalm

Lampu-lampu mulai dinyalakan saat matahari terbenam sampai dengan pukul 21:00 atau 23:00 khusus hari Sabtu malam. Ada beragam tema dan ornamen dari Lighting Festival ini: pepohonan, laut beserta perahu dan ikan-ikan, beberapa foto spot, dedaunan, terowongan lampu, dll.

The Garden of Morningcalm

The garden of Morningcalm

Tiket Masuk dan Fasilitas

The Garden of Morningcalm

Masuk ke taman ini tidak gratis. Untuk tiket individual, harganya sebesar 7,500 won untuk anak-anak, 8,500 won untuk remaja, dan 11,000 won untuk dewasa. Pengunjung bisa dapat harga lebih murah jika datang dalam rombongan besar (group ticket). Ada juga tambahan diskon untuk manula (lebih dari 65 tahun) dan penyandang disabilitas.

The Garden of Morningcalm

Fasilitas yang diberikan untuk menunjang kenyamanan pengunjung cukup lengkap. Ada toilet, restaurant, café, bakery shop dan toko oleh-oleh.

THe Garden of Morningcalm

Lokasi

Te Garden of Morningcalm

Yang sedikit menantang adalah lokasinya yang berada di pedesaan dan agak jauh dari Kota Seoul. Ketik saja di Naver Map: Garden of Morningcalm. Teman-Teman akan diarahkan pada taman yang beralamat di Sang-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do. Taman ini berada sedikit di luar Seoul, masuk Gapyeong yang kalau dilanjutkan perjalanannya sedikit lagi akan sampai di Pulau Nami.

The Garden of Morningcalm

Perjalanan dari Kota Seoul (Seoul Station) memakan waktu hampir 2 jam dan berpindah kereta sebanyak 2 kali sampai terakhir di stasiun Cheongpyeong. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan bus menuju Morning Calm Garden.

The Garden of Morningcalm

Bus paling pagi dari stasiun Cheongpyeong adalah pukul 09:40 sedangkan bus terakhir dari garden menuju stasiun adalah pukul 20:00. Jadi, hati-hati supaya tidak ketinggalan bus terakhir, terutama yang ingin berkunjung di musim dingin menikmati Light Festival. Jangan lupa pakai baju winter yang proper, dingin banget!

 

Baca juga: Menikmati Kota Seoul dari Namhansanseong Seomun Observatory Secara Gratis.

2 Comments
  1. […] Baca juga: Menikmati Suasana Musim Dingin di The Garden of Morningcalm, Gapyeong, Korea Selatan. […]

  2. […] Baca juga: Menikmati Romantisme The Garden of Morningcalm Saat Musim Dingin. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.